BUDIDAYA PEPAYA TEKNOLOGI INCON

1.       Persiapan Benih :

          Benih yang disarankan adalah benih yang bagus yang tahan serangan jamur. Benih kemasan perlu dicuci bersih dengan air agar bersih dari pestisida.

          Untuk memacu pertumbuhan rendam benih selama 15-30 menit dengan POC D’NATURE dosis 4 sendok makan per 500 ml air.

2.       Persiapan per 1000 m2 :

          Siapkan 400 – 600 kg  pupuk kandang , campur dengan 1 kg ULTRA BIOSOIL 5 – 10 kg BioAwu , diamkan selama seminggu agar terjadi proses dekomposisi.

          Buat lubang tanam dengan jarak 2,5 x 2,5 m dengan ukuran lubang disesuaikan besarnya bibit yang ditanam.

          Masukkan pupuk kandang pada dasar lubang dan sebagian dicampur tanah subur untuk bagian penutupnya.

          Pengolahan tanah dan drainase hendaknya memperhatikan parit dan kemiringan arah air agar tidak terjadi genangan jika terjadi hujan, sehingga berpotensi merendam perakaran sehingga mencegah akar kekurangan oksigen dan keracunan CO2

3.       Penanaman:

          Setelah diberi pupuk kandang ke setiap lobang, masukkan bibit pepaya ke dalam lubang, kemudian tutup dengan tanah, dan disiram air agar dapat tumbuh dengan baik.

4.       Pemupukan :

          Pemberian pupuk dilakukan 1 bulan kemudian, 10 gram/pohon BioAwu Dilarutkan dalam 1-2 liter air dan disiramkan melingkar batang dengan jarak 30-50 cm dari pokok batang

          Pemupukan kedua saat umur tanaman 3-5 bulan dengan 10 gram/pohon BioAwu Dilarutkan dalam 2-5 liter air dan disiramkan melingkar batang dengan jarak 30-50 cm dari pokok batang.

          Pemupukan selanjutnya setelah 6 bulan 20-30 gram/pohon BioAwu  dilakukan empat bulan sekali dengan Dilarutkan dalam 2 – 5 liter air dan disiramkan melingkar batang dengan jarak 30-50 cm dari pokok batang.

          Penyemprotan dengan POC D’NATURE dosis 2 sendok makan/5 liter air dilakukan 2 minggu sekali hingga tanaman berumur 3 bulan, setelah itu sebulan sekali bersamaan dengan pemberian pupuk dasar.

          Pada saat muncul bunga semprot dengan Hormon Organik BEST PLANT dosis 1 sendok makan per 5 liter air, lakukan dua minggu sekali

5.       Pemeliharaan :

          Lakukan penyiangan rumput dan gulma di sekitar pokok tanaman agar tidak menghambat pertumbuhan, lakukan pembersihan daun yang jatuh agar tidak menjadi sumber jamur. Buat pengairan tetap berjalan semestinya.

6.       Pemanenan :

          Pemanenan dilakukan jika warna kulit buah sudah semburat kuning/orange 20 %.

          Pemetikan dan peletakan buah dilakukan sebaik mungkin agar tidak terluka/bergetah sehingga mengurangi kualitas buah.

          Pemanenan pada buah yang tua biasanya dipanen 4 hari sekali.

–      Untuk luas lahan1 hektar bisa panen 2 ton per minggu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perlu bantuan? Chat Whatsapp