BUDIDAYA BAWANG PUTIH ORGANIK TEKNOLOGI BIO-INCON

Tanaman Bawang Putih dataran rendah tumbuh pada tanah lempung berpasir dan lebih bagus tanah subur yang kaya akan bahan organik. Dengan pH 5.8 – 6,8 , jika tanah agak asam dapat diberi dolomit disebarkan di atas bedengan dann dibiarkan sampai 2 minggu. Pada umumnya Bawang Putih tahan panas, namun akan tumbuh baik pada suhu sekitar 25°C. Waktu terbaik untuk tanam sekitar bulan Mei, Juni dan Juli.

1.       Persiapan Lahan per 1000 m2 :

          Pembajakan dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu agar tanah menjadi gembur.

          Selanjutnya taburkan 200-500 kg pupuk kandang yang sudah dicampur 5-10 kg BioAwu dan 1 kg ULTRABIOSOIL lalu buat bedengan dengan lebar 60-150 cm dan tinggi 20-40 cm, jarak antar bedengan 30-40 cm.

          Semprotkan D’NATURE pada bedengan dengan dosis 2 sendok makan per 5 liter air.

          Diamkan sekitar 1 minggu sebelum ditanami

2.       Penanaman :

Pilih umbi bibit yang bagus yang tidak bercacat atau rusak, kemudian tanam dengan kedalaman 2-3 cm dan jarak tanam sekitar 20×20 cm atau 15×15 cm.

3.       Pemeliharaan :

Penyiangan dapat dilakukan untuk mengurangi gulma atau mencegah masuknya hama, perlu dihindari untuk melakukan penyiangan pada fase vegetatif karena dapat menghambat petumbuhan umbi. Lakukan pembubunan agar akar dan umbi dapat berkembang dengan baik.

4.       Pemupukan Lanjutan :

          Pemupukan lanjutan dapat disesuaikan kebutuhan setempat. Lakukan penyemprotan dengan POC D’NATURE 7-10 hari sekali dengan dosis 2 sendok makan per 5 liter air. Penyemprotan dilakukan dari umur 7 HST.

          Pada usia 30 hari setelah tanam semprot dengan Hormon Organik BEST PLANT dosis 1 sendok makan/5 liter air, semprot 14 hari sekali *) bisa dibarengkan dengan penyemprotan POC.

5.       Pemanenan :

Pemanenan dilakukan setelah tanaman berumur 90-120 hari bergantung benihnya, dengan ciri daun sedikit layu antara 35-60%. Menjelang panen ini penyemrotan pupuk, pestisida mulai dihentikan.

6.       Penyimpanan :

Agar bawang putih dapat tahan lama lakukan penjemuran di bawah terik matahari kemudian ikat dan simpan di gudang dan lakukan fumigasi dengan tablet 55% phostoxin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perlu bantuan? Chat Whatsapp