BUDIDAYA JAHE ORGANIK DENGAN TEKNOLOGI BIO-INCON

1. Pada saat persiapan lahan :per 1000m2 :

a. Campur 1 kg ULTRA BIOSOIL dengan 5-10 kg BioAwu kemudian tebarkan ke lahan dan campur dengan permukaan tanah setebal 10 cm.

b. Semprot permukaan tanah yang sudah bercampur pupuk dengan larutan D’NATURE dengan dosis 2 sendok makan/5 liter air. Kemudian buat bedengan sesuai kebutuhan penanaman, biasanya kedalaman parit 20 cm an lebar bedengan 1 meter dan jarak antar bedengan 50 cm.

2. Persiapan dan penanaman bibit :

a.    Pilih bibit yang sudah tua yang berumur 12 bulan.

b.    Agar penanaman dapat serempak, bibit dapat ditunaskan dulu.

c.     Rendam bibit yang akan ditanam selama kurang lebih 1 jam dengan larutan D’NATURE, dosis 2 sendok makan/liter air, setelah itu tiriskan dan tanam.

d.    Penanaman bibit dengan bagian tunas menyamping (bukan berdiri), dengan kedalaman 5-10 cm.

e.     Jarak tanam 20 x20 cm ( 1 m2 berisi 10-12 titik ). 1 kg untuk sekitar 3 meter.

f.   Setelah tanamn sirami dengan larutan D’NATURE seminggu sekali sampai tanaman berusia 1 bulan. Dosis 2 sendok makan/5 liter air.

3. Setelah tanam :

a.    Semprot permukaan tanah dan daun dengan D’NATURE sebulan sekali sampai tanaman berusia 10 bulan. Dosis 2 sendok makan/5 liter air.

b.    Untuk hasil yang maksimal, setiap 4 bulan sekali dan pada waktu umbi sudah mencapai permukaan, di sekitar umbi ditutupi lagi dengan tanah yang dicampur dengan ( kompos/pupuk kandang yang telah dicampur Biocond Tabur – campuran seperti saat persiapan lahan ) dengan perbandingan 100 kg kompos : 1 kg ULTRA BIOSOIL + 5 kg BioAwu.

c.     Setelah ditutupi lagi dengan tanah dapat dilakukan penyiraman dengan larutan D’NATURE dosis 2 sendok makan/5 liter air.

d.  Pada saat musim kering dapat dilakukan penyiraman secukupnya agar umbi dapat tumbuh dengan baik dan cukup air.

4. Pemanenan :

Usia pemanenan sekitar 1 tahun, dapat dilakukan dengan garu atau cangkul untuk mengeluarkan umbi dari dalam tanah, upayakan agar umbi tidak patah atau rusak.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perlu bantuan? Chat Whatsapp