Kategori
produk

TRICHONIC-4

Trichonic-4

Pupuk Hayati, Jamur Antagonis, Biopestisida

baru
TrichoNic-4

Trichonic-4 merupakan formula paduan antara Pupuk Hayati, Jamur Antagonis, dan Biopestisida yang siap menjadikan tanah subur, mampu mengikat Nitrogen dari udara, tanaman terbebas dari layu Fusarium dan serangan larva dan kumbang badak/kwangwung- Oryctes rhynoceros. Yang biasa menyerang tanaman Sawit, Coklat, Akasia, Tebu dll.

Trichonic-4 sangat efektif sebagai Ganodermasida atau fungisida hayati yang mampu mengatasi serangan Jamur dari genus Ganoderma penyebab Busuk Pangkal Batang ( Basal Stem Rot) dan Busuk Pangkal Atas ( Upper Stem Rot) pada tanaman Sawit dan sejenisnya. Dengan kemudahan dalam cara pemakaian dan menghemat biaya pengiriman dalam bentuk ekstrak 1 sachet isi 25 gram cukup untuk lahan 1 hektar.

 

Kandungan :

Bakteri menguntungkan : Lactobacillus sp, Bacillus Subtillis, Bacillus licheniformis dll.

Jamur menguntungkan : Trichoderma, Metarhizium , Bauveria dll

Bakteri khusus : Paenibacillus, Nitrobacter, Azotobacter

Asam-asam organik : asam amino, asam humat, asam fulvat dll

Dekomposer dilengkapi Pseudomonas sp.

Cara Pemakaian :

1.    Aktifkan 1 Sachet Trichonic-4 + 10 – 30 liter air kelapa + 10 Sendok makan gula, lalu fermentasikan selama 1-2 hari agar menjadi  larutan Trichonic-4 Aktif .

2.    Aplikasikan pada tanaman sesuai kebutuhan :

Menangani Zona Inti Kawasan Terserang Ganoderma untuk menahan laju kerapuhan pokok, sebagai berikut :

a.    Buat 3-5 lubang keliling pokok dengan volume panjang 30 cm x lebar 30 cm x dalam 30 cm pada lingkaran piringan tanah terluar.

b.    Isi lubang tersebut dengan pupuk NPK/kompos dosis setempat yang sudah dicampur Ultra Biosoil 200-400 gram/pokok, kemudian semprot dengan Trichonic-4 Aktif dosis 1 liter dicampur 30 liter air. Kemudian tutup dengan tanah tipis-tipis.

c.    Semprotkan lagi Trichonic-4 Aktif dosis 1 liter dalam 30 liter air pada piringan hingga pangkal batang ketinggian 1 meter. Ulangi penyemprotan 1 bulan kemudian hingga badan buah Ganoderma rusak dan bersih dari pokok.

Menjaga Sawit / tanaman tahunan dari serangan Ganoderma, sebagai berikut :

a.     Ambil 1 liter Trichonic-4 Aktif dalam 30 liter air, kemudian semprotkan pada tanah piringan dan batang bawah tanaman hingga ketinggian 1 meter. Ulangi penyemprotan 3 bulan sekali selama setahun dan ketika menjumpai badan buah Ganoderma.

b.     Ketika akan menanam bibit / replanting, rendamlah sesaat bagian perakaran hingga pangkal batang bibit sawit pada 1 liter Trichonic-4 Aktif + 30 liter air, baru kemudian ditanam.

Cara lain adalah menyiram tanah zona perakaran bibit dengan 1 liter campuran 1 liter Trichonic-4 Aktif dalam 30 liter air, ketika bibit sudah diletakkan pada lubang tanam siap timbun.

c.      Sekaligus untuk mengolah limbah cair kelapa sawit ( LCKS ) :

       Campurkan 5 liter Trichonic-4 Aktif dengan 25.000 liter limbah cair kelapa sawit yang sudah diaerasi, diamkan selama 3 hari.

       Aduk atau aerasikan selama 3 hari hingga LCKS siap digunakan.

–    Siramkan pada batang bawah dan zona perakaran dengan dosis 30-50 liter per pokok ketika fase pemupukan selama setahun

Menjaga dari serangan Oryxtes larva kumbang / uret/ embug :

       Ambil dan saring 1 liter Trichonic-4 Aktif + 30 liter air, kemudian semprotkan pada tanah dan batang terbawah ketinggian 25 cm pada sore hari.

       Bisa juga dicampurkan merata pada 250-500 kg kompos/pupuk kandang  untuk 1 hektar, diamkan selama 1-2 hari. Kemudian taburkan ke dalam tanah sekitar tanaman sedalam 15-20 cm, lalu tutup dengan tanah.

       Sangat dianjurkan untuk menyemprot da menyiram kompos atau media tanam dengan larutan Trichonic-4 Aktif dosis 1 sendok makan dalam 1 liter air, untuk mencegah serangan Ganoderma dan larva Oryctes rhynoceros dan Lepidiota stigma pada bibit tanaman.

Menjaga tanaman sayur dan Holtikultura dari serangan layu fusarium sekaligus pemupukan daun :

–      Ambil 8-10 sendok makan larutan TRICHONIC-4 Aktif + 15 liter air, kemudian semprotkan pada daun sejak 7 hari setelah tanam, ulangi setiap 7 hari atau sesuai kondisi tanaman.

1 reply on “TRICHONIC-4”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *